Sabtu, 16 November 2019

Kenali 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Gigi Berlubang


Menurut praktisi kesehatan gigi dan pakar biologi oral, gigi berlubang menjadi masalah yang paling umum ditemui di Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa penderita gigi berlubang di Indonesia sangatlah tinggi. Penyebab yang paling utama ialah kesadaran masyarakat akan kesehatan gigi masih rendah. Hal ini pun yang mendasari lembaga-lembaga kesehatan mengadakan program edukasi mulut ke sekolah-sekolah. 

Pengobatan Alami untuk Gigi Berlubang 

Pada umumnya, gigi berlubang disebabkan oleh asam yang diproduksi bakteri yang memakan gula dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Asam ini akan merusak gigi Anda. Jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi. Hal terparah yang akan terjadi ialah terkena penyakit jantung. Untuk mengatasinya tentu harus pergi ke dokter untuk mendapatkan berbagai tindakan. 

Namun, jika gigi kamu masih terasa cenat-cenut, bisa diatasi dengan pengobatan alami. Nah, bahan alami apa saja yang bisa mengatasi gigi berlubang? Yuk simak uraiannya di bawah ini. 

1. Garam 

Garam mengandung antiseptik dan antibakteri yang membantu Anda mengurangi peradangan serta nyeri. Kemudian garam dapat mengatasi infeksi dan mencegah perkembangan bakteri di mulut. Untuk pemakaiannya sendiri yakni dengan melarutkan garam pada air hangat yang dijadikan sebagai obat kumur. Anda bisa juga mencampurkan garam dengan perasan air lemon yang kemudian dioleskan pada bagian gusi. 

2. Bawang Putih 

Antibakteri yang terdapat dalam kandungan bawang putih dapat mengatasi nyeri pada gigi berlubang. Selain itu, bawang putih mampu membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat. Untuk mengaplikasikannya cukup dengan mencampurkan bawang putih dengan garam, kemudian oleskan pada gigi yang berlubang selama 10 menit. Setelah itu, berkumurlah menggunakan obat kumur. Pengobatan menggunakan bawang putih dapat mengurangi penyebaran gigi berlubang. 

3. Kunyit 

Kandungan vitamin C pada kunyit bersifat antibakteri dan anti peradangan. Manfaat yang Anda peroleh saat melakukan pengobatan gigi berlubang menggunakan kunyit ialah membersihkan gusi serta mencegah gigi berlubang yang terinfeksi bakteri. 

Cara mengaplikasikannya yaitu menumbuk kunyit hingga hancur, lalu oleskan pada gusi dan gigi serta biarkan selama 10 menit. Jika sudah selesai, seperti biasa akhiri dengan berkumur menggunakan air hangat atau obat kumur. 

4. Cengkeh 

Cengkeh menjadi salah satu rempah yang dipercaya mampu mengobati gigi berlubang sejak zaman dulu. Kandungan anti peradangan, analgesik, dan antibakteri mampu mengurangi rasa sakit serta mencegah penyebaran gigi berlubang. 

Untuk pemakaian yang mudah, Anda dapat menggunakan minyak cengkeh yang dilarutkan dengan minyak biji wijen. Celupkan pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada gigi yang berlubang. Pengobatan ini lazim dilakukan pada malam hari sebelum Anda tidur. 

5. Akar Manis 

Akar manis dipercaya dapat mengatasi kesehatan gigi setelah muncul publikasi penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society’s Journal of Natural Products. Senyawa licoridin dan licorisoflavan A yang terdapat dalam akar manis bersifat antibakteri. 

Selain itu, akar manis berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dan mengurangi plak gigi. Untuk mengaplikasikannya bisa dengan menggunakan bubuk akar manis ketika menyikat gigi. Atau bisa juga dengan menggunakan batangnya yang lembut sebagai sikat gigi. 

Demikianlah beberapa cara pengobatan alami untuk mengatasi gigi berlubang. Upayakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda agar tetap sehat dan tidak terkena gigi berlubang. Walaupun gigi Anda sudah terlanjur berlubang, obat alami seperti di atas dapat menjadi salah satu rekomendasi pengobatan di rumah.


Emoticon Emoticon