Senin, 17 September 2018

Manfaat Madu Untuk Bayi : Mendukung Pertumbuhan Hingga Menyembuhkan Penyakit


Manfaat Madu Untuk Bayi - Ada hal yang lebih berharga daripada materi, yakni kesehatan. Upaya-upaya menjaga kesehatan selalu dilakukan agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. Namun, di saat-saat tertentu daya tahan tubuh bisa saja melemah hingga akhirnya terserang penyakit. Jika orang dewasa bisa mengupayakan olahraga untuk menjaga kesehatan, lantas bagaimana dengan bayi? 

Ya, tentu bayi masih belum bisa melakukan aktivitas berolahraga layaknya orang dewasa. Ketika sakit pun orang dewasa umumnya akan langsung menebus obat di apotek. Namun cara ini sebaiknya tidak langsung Anda lakukan untuk bayi. Hal ini mengingat obat-obat tersebut mengandung bahan kimia yang tentu saja tidak baik untuk tubuh si kecil. 

Sebagai alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan madu untuk menyembuhkan penyakit yang tengah menyerang si kecil. Banyak sekali manfaat madu untuk bayi yang tentu saja bisa jadi pilihan Anda saat bayi mengalami gangguan kesehatan. 

Manfaat Madu untuk Kesehatan Bayi 

Mengatasi suatu penyakit memang tidak harus selalu mengandalkan obat-obat yang mengandung bahan kimia. Terlebih jika pengobatan ini dilakukan untuk bayi. Selama masih ada bahan alami yang bisa dimanfaatkan, maka akan lebih baik jika Anda memilih bahan alami, seperti madu. Ya, madu adalah salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Berikut adalah 4 manfaat madu untuk bayi yang perlu Anda ketahui. 

1. Mengatasi masalah pencernaan 

Madu memiliki kandungan bakteri baik yang dapat membantu membunuh bakteri jahat yang ada pada usus. Seperti yang Anda tahu, bayi seringkali menggigit apapun yang ada di sekitarnya, ini membuat virus dan bakteri jahat mudah masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan masalah pencernaan. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan madu pada si kecil. Vitamin C yang ada pada madu juga mengandung efek laksatif (pencahar) sehingga baik untuk melancarkan pencernaan bayi. 

2. Membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi 

Bayi membutuhkan nutrisi dan vitamin yang mendukung daya tumbuh kembangnya. Hal ini karena organ tubuh bayi belum sempurna sehingga untuk menyempurnakan pertumbuhannya tersebut dibutuhkan nutrisi tambahan. 

Madu bisa menjadi alternatif terbaik bagi si kecil agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik. Madu ini yang nantinya akan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, meningkatkan nafsu makan hingga sebagai multivitamin. 

3. Membantu perkembangan otak bayi 

Pemberian nutrisi untuk bayi memang Anda berikan sejak si kecil masih berada di dalam kandungan. Namun saat masa kehamilan, si kecil hanya mendapat asupan gizi dan nutrisi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi saja. Dan nutrisi tersebut tidaklah cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. 

Oleh karena itu pemberian nutrisi dan gizi harus dilanjutkan saat bayi sudah lahir. Selain diberi ASI ekslusif, madu juga bisa diberikan pada bayi. Madu mengandung zat gula yang baik untuk perkembangan otak bayi. Kandungan gula inilah yang akan menyuplai energi pada otak bayi sehingga fungsi otak bisa lebih optimal. 

4. Mengatasi batuk dan pilek pada bayi 

Manfaat madu untuk bayi selanjutnya adalah bisa mengatasi batuk dan pilek pada bayi. Madu mempunyai kandungan vitamin C yang di dalamnya terdapat antiseptik yang akan membantu menghindarkan bayi dari ancaman penyakit, termasuk batuk dan pilek. 

Itulah beberapa manfaat madu untuk bayi yang perlu Anda ketahui. Sejak dahulu madu memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Baik itu penyakit yang diderita orang dewasa maupun bayi. 

Namun jika madu akan diberikan pada bayi, pastikan Anda memperhatikan takaran dan usia si kecil ya. Sebab meski madu baik untuk kesehatan, tetap saja perlu diperhatikan prosedur konsumsinya.


Emoticon Emoticon