Rabu, 21 Maret 2018

Cara Mendapatkan Uang Selain Dari Bank


Rahasia umum kenapa entrepreneur UKM (Usaha Kecil Menengah) susah maju diantaranya karna minimnya modal. Modal adalah sisi tidak terpisahkan dari satu usaha, termasuk juga UKM. Faktor modal pula yang biasanya menjadikan progres pengusaha UKM “stagnan”. Bila anda baru mulai usaha serta sekalipun belum juga miliki pengalaman berwiraswasta, saya anjurkan Anda mulai saja dengan taraf kecil serta pakai modal sendiri dahulu, untuk meminimalisir resiko usaha. 

Saat usaha Anda telah mulai tumbuh, baru bisa berfikir mengenai pinjam uang di bank. Modal utang juga akan buat anda lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha, karna anda jadi sedikit leluasa dalam membiayai usaha awal anda, serta anda tentu semangat tidak gampang menyerah dikarenakan mempunyai utang yang perlu dikembalikan dalam periode waktu yang sudah diputuskan. Lagipula bila usaha telah berkembang, anda pastinya akan diakui oleh calon pemberi utang. 

Keperluan Penambahan Modal UKM 

Keperluan penambahan modal untuk pinjaman UKM pada umumnya ada dalam dua bentuk, yakni. 

• Tambahan modal kerja 

Entrepreneur UKM memerlukan penambahan modal kerja untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan produksi, cost opersional, cost pemasaran, serta distribusi product. Penambahan modal ini umumnya diperoleh berbentuk credit modal kerja. 

• Tambahan modal investasi 

Entrepreneur UKM memerlukan penambahan modal investasi untuk pengembangan usaha serta penambahan produksi untuk jangka panjang. Umpamanya: sewa kantor, pembelian mesin-mesin, pembelian computer, dan lain-lain. Jika penambahan modal didapat dari utang jadi umumnya berbentuk credit investasi. 

Pinjam Uang dari Bank 

Bank terikat ketentuan BI (Bank Indonesia) yang mengedepan kan prinsip kehati-hatian dalam mengucurkan tiap-tiap lembar rupiah hingga bank mengambil keputusan seleksi yang super ketat untuk calon debiturnya. Biasanya bank mensyaratkan neraca keuangan sesuai sama standard akuntansi sepanjang dua th. paling akhir dari usaha yang digerakkan entrepreneur UKM itu. 

Bank juga tidak akan serta merta langsung yakin saja, mereka memakai sarana dari Bank Indonesia untuk lakukan BI cheking, yakni general cek up kisah credit Anda, entrepreneur UKM tidak bisa lupa dalam membayar angsuran KPR tempat tinggal, Credit Tanpa ada Agunan (KTA), atau hutang kartu credit. 

Catatan jelek dalam kelalaian pembayaran credit mengakbibatkan Anda di-black daftar oleh Bank Indonesia, serta automatis mengajukan utang Anda tidak diterima. Jauhkan asumsi kalau mulai usaha mesti segera besar serta mapan. Umumnya entrepreneur UKM berhasil meniti usaha mereka dari 0. 

Adakah Alternatif Utang Terkecuali dari Bank? 

1. Pinjam Uang ke Keluarga atau Rekan Dekat 

Pinjam uang ke keluarga atau sahabat untuk mulai usaha yaitu pilihan yang aman, karna mereka tidak memberi bunga, tidak memohon jaminan, serta tidak memohon kriteria bebas BI cheking seperti kriteria untuk meminjam uang di bank. 

Agar tidak berlangsung pertikaian serta kesalahpahaman buat masalah pinjam meminjam ini se-objektif mungkin saja. Diskusikan prasyarat danbagaimana langkah Anda melunasi hutang itu. Semua di buat dengan tertulis. 

2. Pinjam Uang di Pegadaian 

Perum pegadaian bersedia berikan utang modal pada orang-orang serta entrepreneur UKM dengan jaminan berbentuk BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor), akte jual beli tanah, emas, serta beda sebagainya. Pengadaian seringkali ramai dikunjungi pada musim th. ajaran baru, serta saat spesial spesifik. Pengadaian merampungkan problem tanpa ada problem. 

Tujuan bank keliling yaitu orang-orang menengah ke bawah dengan catatan yang mempunyai usaha apa pun macamnya, umpamanya : tukang ojek, pedagang buah, pedagang sayur, penjahit, penjual nasi uduk, serta beda sebagainya. 

Masyarakat yang memerlukan utang uang dari bank keliling banyak yang buat info palsu mengakui jadi entrepreneur UKM supaya memperoleh utang. Bank keliling bagai dewa penyelamat mereka. Metode pengembalian debitur melunasi hutang mereka yaitu dengan membayar angsuran /hari, per minggu, atau perbulan, sesuai sama perjanjian mereka dimuka kesepakatan hutang piutang. 

Bila si peminjam tidak dapat membayar, mereka (bank keliling) mengambil alih beberapa barang yang berada di tempat tinggal si peminjam. 


Emoticon Emoticon