Jumat, 26 Januari 2018

7 Hal Yang Harus Dipikirkan Sebelum Liburan


Liburan. Siapa yang tidak suka dengan kegiatan yang satu ini? Melakukan aktivitas tanpa ada beban yang dipusingkan, refreshing dari rutinitas sehar-hari, serta melakukan tindakan dengan bebas namun tetap dalam konteks yang wajar.

Namun, sebelum liburan anda harus memikirkan sejumlah hal agar saat pergi liburan kita tidak kebingungan. Mengapa? Karena tentu kita tidak ingin di tengah-tengah liburan, justru dipusingkan dengan hal-hal yang seharusnya sepele berubah menjadi beban berat. Misalnya seperti melototi daftar harga tiket pesawat yang fluktuatif.

Namanya juga liburan, pastinya kita ingin semua berjalan dengan lancar, terkendali, dan tidak dibuat pusing atau kesal dong?

Lebih baik dibuat pusing dengan menyusun rencana liburan lebih dulu, daripada stress saat pergi liburan, bukan? Karenanya, kita harus mengambil peribahasa bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Artinya, lebih baik kita menyusun rencana sebelum pergi liburan dulu agar saat mengunjungi tempat kita tidak kebingungan.

Apa sajakah itu? Berikut ini adalah ulasannya:

1. Tujuan

Ini yang paling penting. Kalau ingin liburan, kita harus menentukan tempat tujuan kemana saja kita akan pergi. Jika tidak, bukan tidak mungkin kita hanya menghabiskan uang dan waktu di tempat penginapan saja.

Contoh saja, misal kita mau pergi ke Kota Belitung yang cukup terkenal dengan pulau-pulaunya atau pantainya yang indah. Nah, sebelum pergi ke Belitung, tentu kita harus menentukan tempat mana saja yang ingin kita datangi.

Mulai dari Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Pasir, atau bisa juga ke Museum Kata, Kampung Ahok, serta Danau Kaolin. Nama-nama tersebut merupakan objek wisata yang paling banyak diminati atau diinginkan oleh para wisatawan.

Perlu diingat, kita juga harus mempertimbangkan jarak tempat yang ingin kita datangi tersebut. Tentu lebih menyenangkan atau lebih tepat, jika beberapa tempat yang kita sambangi itu searah atau berdekatan. Jika jaraknya jauh, maka waktu akan habis dalam perjalanan.

Jika sudah seperti itu, maka tempat yang akan kita hampiri tidak berlangsung lama dan tidak akan terasa puas. Nah, untuk menanggapi hal ini, langkah yang paling tepat dilakukan adalah kita dapat mengikuti beberapa paket tour traveling yang kini banyak tersedia.

Biasanya, paket tour traveling dilakukan bagi mereka yang baru pertama kali ingin pergi liburan ke tempat-tempat tertentu atau tidak ingin pusing, dan lebih memilih semuanya diatur oleh paket yang ada dalam tour traveling tersebut.
2. Atur Tanggal Pergi

Jika sudah menentukan kemana tujuan kita akan pergi, maka pilihlah tanggal yang tepat yang sesuai kesepakatan bersama keluarga, teman-teman, atau mungkin pasangan yang akan berlibur bersama kita.

Untuk menghindari lokasi wisata yang terlalu ramai, lebih santai diperjalanan, atau pertimbangan keuangan, anda bisa memilih untuk liburan di tengah pekan.

Tidak sedikit juga karyawan yang memilih pergi saat mendekati awal bulan baru. Tujuannya adalah agar saat dalam suasana liburan, gaji juga mengalir, sehingga masih ada persediaan keuangan untuk menjaga dari hal-hal yang tak terduga.

Biasanya mereka yang ingin pergi liburan sudah lebih tenang kalau mengatur dan menyepakati tanggal, karena tidak perlu lagi dipusingkan dengan pekerjaan dan rencana liburan.
3. Pesan Tiket dan Penginapan dari Jauh-jauh Hari

Nah, jika tempat tujuan dan tanggal liburan sudah ditentukan, maka cari dan segera pesan tiket pesawat atau kereta serta tempat penginapan atau hotel, dari jauh-jauh hari.

Tidak ada salahnya juga jika memesan untuk di tahun berikutnya, misalkan kita sudah punya rencana sejak bulan November 2017, kita bisa mem-booking tempat penginapan serta tiket pesawat untuk tanggal rencana kita pergi, ambil contoh di bulan Mei atau Juni 2018.

Langkah ini bertujuan agar mendapat tiket atau sewa kamar penginapan lebih murah, serta menghindari kehabisan tiket atau kamar hotel. Kalau mau ke Bali, coba cek deh hotel di Sanur yang kadang-kadang masih menyediakan beberapa kamar tambahan saat high season.
4. Susun Jadwal

Untuk yang satu ini, dilakukan jika anda melakukan liburan sendiri, tanpa mengikuti paket tour traveling dari agen perjalanan.

Menyusun jadwal dari hari pertama hingga hari terakhir, termasuk dengan jadwal-jadwal jam pergi liburan ke tempat-tempat tertentu, sarapan, makan siang, makan malam, dan sebagainya semua diatur dengan waktu yang ideal.

Tujuannya tetap sama, yaitu agar saat liburan kita sudah lebih tenang, karena sudah tahu harus kemana melalui jadwal yang telah dibuat. Namun yang pastinya perlu diingat adalah, penyusunan jadwal ini harus dilakukan dengan persetujuan dari partner liburan kita.
5. Buat Perkiraan Pengeluaran

Setelah menyusun semua rencana serta memesan tiket dan tempat penginapan, mulailah memikirkan berapa dana yang akan kita keluarkan saat berada di tempat liburan.

Pengeluaran yang mungkin jadi pertimbangan, misalnya pembelian oleh-oleh atau buah tangan, atau menyewa barang-barang di tempat kita liburan. Kalau di pulau, biasanya kita butuh untuk menyewa peralatan menyelam atau snorkling, perahu, dan membayar jasa si pembawa perahu.

Sementara untuk diluar pulau bisa juga beberapa wahana yang ada dalam tempat berlibur tersebut. Hal-hal ini lebih diperlukan bagi anda yang akan berliburan tanpa mengikuti paket tour traveling. Jika sudah mengikuti paket tour traveling, maka kita hanya perlu membayar nominal dari paket yang diberikan.

Satu hal yang perlu diingat adalah jika kita sudah mengetahui perkiraan pengeluaran atau budget, tidak ada salahnya jika kita mengganggarkan dana cadangan untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak. Misalnya, perkiraan pengeluaran sebesar 3 juta maka kita bisa membawa lebih, seperti 4 atau 5 juta.
6. Menabung

Jika kita masih memiliki waktu cukup sebelum hari liburan, kita akan lebih mudah untuk bisa menabung. Menabunglah sedikit-sedikit, namun disesuaikan dengan perkiraan pengeluaran tersebut.

Hal ini bertujuan agar kita bisa tetap mengatur pengeluaran sehari-hari, tanpa terbebani sebelum pergi liburan. 

7. Berdoa dan Jaga Kesehatan


Satu hal yang pastinya harus diingat dan dijalankan adalah kita harus bisa menjaga kesehatan diri kita sendiri dengan baik, apalagi jika sudah mendekati hari H.

Dalam hal ini, perlu juga mengingatkan kepada anggota keluarga, teman, atau pasangan yang akan pergi berlibur dengan kita.

Dan yang paling terpenting adalah kita harus berdoa agar Tuhan tetap menuntun langkah dan jalannya liburan kita, agar berjalan dengan lancar dan pergi-pulang dengan selamat.


Emoticon Emoticon