Selasa, 05 September 2017

3 Hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih Universitas Swasta Terbaik


Dalam memilih perguruan tinggi diperlukan ketlitian agar anda tidak salah dalam menentukan dimana harus melanjutkan pendidikan selepas lulus dari SMA. Sebab dari bangku kuliah ini anda akan mendapatkan ilmu yang menjuruskan sesuai keinginan dan passion anda yang nantinya diperuntukkan di dunia kerja.

Indonesia memiliki banyak Universitas baik negeri maupun swasta, Bagi sebagian calon mahasiswa yang tidak diterima di negeri, kebanyakan dari mereka memilih universitas swasta sembari bekerja. Hal ini sah - sah saja mengingat ada beberapa universitas swasta terbaik yang memang memiliki jam kuliah malam sehingga pagi hari dapat digunakan untuk bekerja. Namun Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih universitas swasata. Bagaimanapun anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut diantaranya :

1. Akreditasi
Akreditasi merupakan hal pertama yang wajibn Anda perhatikan mengingat akreditasi jurusan dan atau universitas selalu menjadi patokan dalam melamar pekerjaan. Akreditasi menunjukkan sebesar apa kualitas dari institusi tersebut dalam seluruh aspek pendidikan. Semakin baik nilai akreditasi berarti semakin baik pula kualitas institusi tersebut.

Selain dari akeditasi institusi, lihat juga akreditasi dari jurusan yang akan anda pilih. Apabila akreditasi jurusan dan instansi sudah sama baiknya maka itu nanti akan bisa membantu anda dalam dunia pekerjaan. Sebab semakin baik akreditasi, maka akan semakin terkenal di perusahaan sehingga memudahkan anda dalam melamar pekerjaan.

2. Pilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan
Untuk hal kedua ini adalah tentang kejelian anda dalam memilih jurusan yang sesuai dengan keahlian anda. Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan keahlian anda di universitas swasta terbaik maka anda akan merasa nyaman saat menjalankan proses perkuliahan. Karna bagaimanapun jika anda merasa nyaman, maka informasi dapat terserap dengan sangat baik dan Anda lebih semangat kuliah. 

3. Finansial
Selain dua hal diatas, perhatikan juga masalah finansial. Karna sistem pembayaran biaya perkuliahan di swasta dan negeri jelas sangat berbeda. Apabila di negeri sebagian dari biaya perkuliahan ditanggung oleh negara sehingga mahasiswa tidak perlu membayar terlalu mahal.

Berbeda dengan universitas swasta yang dimana biaya perkuliahan ditanggung oleh mahasiswa itu sendiri. Oleh karenanya sesuaikan finansial Anda dengan biaya perkuliahan, pertimbangkan juga biaya bulanan seperti kos, atau kebutuhan sehari-hari Anda. Bila tidak cukup jangan paksakan. Carilah Universitas swasta terbaik lainya yang memiliki harga perkuliahan lebih terjangkau namun juga mengedepankan pendidikan yang berkualitas.

1 komentar so far

Kalau emang budgetnya ada, sudah pasti bisa pilih-pilih kampus yang akreditasinya bagus. Tapi kalau uang pas-pasan kayak dulu saya pertama masuk, mending utamain yang sesuai jurusan kamu. Yang bener-bener kamu sukai. Jangan sampai ambil jurusan yang salah. Udah dapet kampus pas-pasan sayang kan kalau milih jurusan tidak sesuai minat. Beda kalau meskipun dpet kampus biasa tapi ngambil jurusan sesusi minat, ilmu kmau klbakal bisa berkembang pesat. Percaya deh, dan bershukur tahun ini saya sudah wisuda.


Emoticon Emoticon