Kamis, 06 April 2017

5 Destinasi Wisata Wajib Para Petualang


Dibandingkan dengan travelling ke luar negri, rasanya kita tidak akan pernah puas dan tidak akan pernah cukup untuk menikmati dan menjelajahi semua kecantikan tanah indonesia, terutama bagi anda yang berjiwa adventure. Jika anda senang berpetualang ke berbagai pelosok tanah air, anda wajib menyambangi lima tempat berikut ini.

1. Banda Neira, Maluku
Banda neira memiliki sejuta pesona wisata yang sangat lengkap. Mulai dari pemandangan darat hingga bawah laut yang sangat indah, hingga peninggalan bersejarah. Yang menjadikan Banda Neira bersejarah adalah, karena dulu kawasan ini merupakan pusat perdagangan di masa pendudukan VOC. Keindahan pantai-pantai dikawasan ini pun tentunya sudah tidak diragukan lagi,  dengan pasirnya yang putih dan airnya yang sebening kristal. Biota lautnya pun sangat indah dan masih terjaga dengan baik sehingga Banda Neira menjadi salah satu spot favorit bagi para penyelam. Bila anda ingin sedikit tantangan, cobalah naik ke Pulau Gunung Api Banda. Perjalanan mendaki hingga puncak membutuhkan waktu sekitar satu jam, namun rasa lelah akan hilang karena setiba di atas, anda bisa meilhat keindahan kepulauan Banda yang sangat cantik nan mempesona.

2. Togean, Sulawesi Tengah
Meski kalah populer dengan Wakatobi, namun indahnya kepulauan Togean tidak boleh anda lewati. Secara geografis, Togean terletak di kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, tepatnya di teluk Tomini. Kepulauan ini meliputi enam pulau besar, serta 60 pulau yang lebih kecil. Selain hamparan pantai berpasir putih dan laut biru jernih, anda juga bisa melihat hutan mangrove, gua, sungai, hingga air terjun. Namun, tentunya pemandangan bawah laut nan indah dan spektakulerlah yang membuat kepulauan Togena menjadi incaran para traveler. Kepulauan Togean termasuk bagian penting dari segitiga terumbu karang dunia. Terumbu karang disini masih sangat sehat dan alami. Jika anda berkesempatan untuk berwisata ke sini, jangan melewatkan kesempatan untuk menyelam dan menikmati pemandangan tersebut, dengan banyaknya keanekaragaman hayati inilah yang membuat kepulauan Togean ditetapkan sebagai taman nasional sejak 2004 lalu.

3. Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur
Tidak ada tempat yang lebih sempurna bagi penyelam, pecinta laut, maupun penggila adrenalin selain pulau yang berada di timur Flores ini. Setidaknya, di pulau Alor ada 60 titik spot untuk menyelam, antara lain terdapat di Alor besar, Alor kecil pulau Buaya, pulau Pantar, pulau Pura, dan masih banyak lagi. Di pulau ini juga, anda akan terkagum-kagum saat melihat sunfish atau ikan mola-mola yang populasinya terbatas, anda juga bisa melihat umba-lumba si mamalia laut yang pintar, berenang dengan bebas. Di pulau Alor juga banyak terdapat tebing dan jurang di bawah laut yang memberi sensasi mendebarkan selagi mengarungi kedalaman laut yang indah. Untuk mengunjugngi pulau Alor, sebaiknya anda datang pada bulan Oktober hingga November, sebab arus laut pada bulan-bulan itu cenderung lebih bersahabat bagi anda yang senang menyelam.

4. Pantai Plengkung, Jawa Timur
Terletak di Grajagan, Taman Nasional Alas Purwo, pantai ini dikenal dengan nama G-Land oleh para surfer mancanegara. G-land sering disebut sebagai salah satu surfing spot terbaik di dunia, sehingga tidaklah mengherankan jika para peselancar seluruh dunia sering datang kesini. Dikellilingi hutan tropis yang masih ‘perawan’, G-Land juga pas untuk tropical vacation yang alami. Untuk alasan keselamatan, pantai yang memiliki ombak yang tinggi dan dahsyat ini direkomendasikan untuk para peselancar professional. Bagi anda yang membutuhkan tempat untuk memenuhi kebutuhan andrenalin, pantai Pelengkung merupakan tempat yang wajib anda kunjungi, dan pastikan anda memiliki kemampuan berselancar yang mumpuni. Jika ingin berselancar, waktu terbaik untuk berselancar di pantai ini adalah pada bulan Mei hingga Okbober.

5. Gua Jomblang, Yogyakarta
Terletak di desa Gunung Kidul, gua Jomblang terbentuk akibat porses geologi runtuhnya tanah beserta vegetasi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole dengan lorong sepanjang 300m. Untuk masuk ke dalamnya, diperlukan kemampuan teknik rappelling atau turun kebawah menggunakan satu tali. Dari gua ini, anda bisa menyaksikan fenomena “cahaya surga” yaitu masuknya sinar matahari dari mulut gua yang terlihat seperti cahaya dari surga. Jika anda ingin kesini, wajib menggunakan peralatan khusus atau sesuai standar keamanan caving di gua vertikal dan harus didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman.

Untuk menjelajahi semua tempat tersebut, hal pertama sebelum melakukan perjalanan pastinya anda membutuhkan tiket pesawat terbang. Saat ini, banyak sekali tavel agent yang bekerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan yang memberikan harga tiket termurah menuju destinasi wisata impian anda. Pastikan anda menemukan harga tiket yang sesuai budget dengan klik Reservasi.com.

Selamat berpetualang!


Emoticon Emoticon