Jumat, 24 Maret 2017

Ragam Keuntungan Dan Kerugian Dari Investasi Rumah Kos


Tidak sedikit investasi rumah yang dapat kamu jalani dan lakukan di era serba modern dan praktis ini. Beberapa diantaranya investasi rumah kontrakan, investasi rumah susun, hingga investasi rumah kos. Yang akan kita ulas kali ini ialah mengenai investasi rumah kos. Banyaknya masyarakat yang melakukan pencarian pekerjaan di luar kota atau di kota – kota besar akan menjadikan para pelaku investasi rumah kos meraup untung yang cukup besar.

Rumah kos yang disewakan sebagian besar dihuni oleh para pekerja dan karyawan dari daerah pinggiran atau oleh mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menimba ilmu di kota orang. Mereka – mereka ini memilih rumah kosan dengan alasan harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah kontrakan atau apartemen studio. Meskipun luasnya tidak teralu besar namun beberapa pelaku investasi rumah kos ini memberikas fasilitas yang cukup baik dengan memberikan perlengkapan seperti tempat tidur, lemari hingga dapur mini untuk para penghuni agar lebih nyaman. Tidak sedikit dari para pelaku bisnis investasi ini meraup untung yang cukup tinggi namun tidak sedikit juga diantara mereka yang mengalami kerugian. Bagi kamu yang baru saja terjun di dunia investasi rumah kos seperti ini ada baiknya untuk mempelajari keuntungan dan kerugian investasi rumah kos berikut ini.

Keuntungan :

Peminat Cukup Tinggi
Ini merupakan salah satu peluang yang cukup menguntungkan bagi kamu yang memiliki niat untuk investasi rumah. Ini bukan hanya sekedar minat namun lebih ke kebutuhan yang mengharuskan mereka mencari rumah atau tempat untuk dijadikan sebagai hunian atau tempat tinggal sementara. Rumah kos akan menjadi sangat dibutuhkan pada lokasi – lokasi tertentu seperti dekat dengan universitas, pusat gedung perkantoran, kawasan industry, ataupun sekolah. Fasilitas yang ditawarkan pun beragam tergantung dari target pasaran yang ditentukan pelaku investasi rumah kos.

Menambah nilai jual
Ketika membuka investasi rumah kos ini kamu juga bisa membuka bisnis lain untuk melengkapinya dengan membuka lahan bisnis baru yang dibutuhkan oleh penghuni kosan seperti laundry, rumah makan, dan lainnya. Tak hanya mendapatkan pendapatan dari sewa kos kamu juga bisa membuka usaha baru yang mendukung di area dan kawasan tersebut.

Pemasukan setiap bulan
Ini memang sangat tergantung dari kesepakatan dan sistem pembayaran yang kamu atau pengelola investasi rumah kos berikan pada setiap penghuni. Ada yang membayarnya secara berangsur perbulan ada juga yang langsung kontan membayarnya setahun penuh dan akan melakukan perpanjangan ketika dibutuhkan.

Kerugian :

Perlu aturan yang ketat
Untuk menjaga keamanan dan ketertiban rumah kosan yang kamu sewakan diperlukan pengawasan dan peraturan yang cukup ketat untuk menjaga dan menghindari segala masalah yang merugikan usahamu. Meskipun akan tampak seperti memenjarakan para penghuni kosan namun hal ini sangat diperlukan guna keamanan penghuni kos dan juga keberlangsungan usaha yang kamu jalani. Kenali para penghuni dengan teliti, mintai data – data diri denga cukup mendetail mengenai identitasnya.

Pengawasan yang membutuhkan cukup waktu
Karena harus ada pengawasan pada rumah kosan kamu akan mengeluarkan waktu cukup lama yang sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk urusan lain. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan banyak waktu untuk ini kamu diharuskan untuk mengeluaran uang khusus untuk membayar jasa seseorang untuk mengawasi dan menjaga ketertiban di tempat usaha.

Resiko kehilangan barang
Rumah kos yang memiliki cukup banyak penghuni biasanya akan datang tamu yang cukup banyak pula pada setiap penghuni jika kamu kecolongan tidak memeriksa identitas setiap tamu yang datang dan keperluan tamu yang datang. Kemungkinan terjadi pencurian cukup besar, hal ini perlu ditangani dengan cepat agar tidak menimbulkan keresahan antar anggota penghuni rumah kosan. Jika dibiarkan hal ini juga akan membuat  usaha investasi rumah kos yang kamu jalani mengalami kerugian.

Perawatan lingkungan
Tidak sedikit kita menemukan berbagai rumah kos dengan kondisi yang kumuh dan cukup berantakan akibat barang – barang penghuni yang diletakan di luar secara tidak beraturan. Mulai dari tempat sampah, pakaian basah, hingga tumpukan sepatu yang tidak beraturan untuk itu kita harus memberikan fasilitas yang cukup memadai untuk mengatasi hal seperti ini. Atau dengan menghimbau dan memberikan paeraturan tertentu.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang akan kemungkinan besar akan dialami oleh para pelaku investasi rumah kos. Informasi tersebut dapat kamu pelajari untuk dijadikan sebagai pelajaran dan evaluasi diri. Sehingga kerugian yang disebutkan diatas dapat diatasi sebelum terjadi.


Emoticon Emoticon