Jumat, 03 Maret 2017

Manfaat Manasik Umroh Bagi Calon Jemaah


Setiap umat Islam dimanapun mereka berada pasti telah mengetahui tentang kegiatan ibadah umroh ke tanah suci. Umroh sendiri hampir sama dengan ibadah haji, hanya saja waktu dan tempatnya berbeda. Namun tak hanya haji, untuk menjalani ibadah umroh pun perlu dilakukan manasik. Mari ketahui lebih dalam mengenai apa itu manasik dan manfaatnya di bawah ini.

Apa Itu Manasik?
Secara sederhana, manasik umroh merupakan sebuah pelatihan pelaksaan umroh yang diberikan kepada calon jemaah. Jadi, pada kegiatan manasik ini, para calon jemaah haji bersama-sama melakukan praktik mengenai segala hal dan kegiatan yang berkaitan dengan umroh dengan detail satu per satu.

Apa Manfaat Adanya Manasik Umroh?
Manasik memang erat hubungannya dengan ibadah haji, tapi jangan salah, manasik umroh pun tak boleh Anda lewatkan. Sebaliknya Anda akan merasakan beberapa manfaat adanya manasik umroh secara langsung nanti ketika Anda telah sampai di tanah suci. Beberapa manfaatnya telah kami rangkum seperti di bawah ini.

-Menambah Pengetahuan dan Pemahaman
Manfaat yang paling utama dari manasik umroh yang bisa didapatkan oleh para calon jemaah adalah pengetahuan dan pemahaman mengenai pelaksanaan umroh nanti. Memang, sebagian besar jemaah pasti telah mempersiapkan segala pengetahuan sebelumnya. Namun, dengan mengikuti manasik umroh, mereka akan mendapat pengetahuan yang lebih dalam serta pemahaman secara teori dan praktik.

-Lebih Memahami Do’a-do’a yang Dipanjatkan
Ada pepatah yang mengatakan bahwa belajar dari 1 orang guru yang baik akan mengalahkan pengetahuan yang kita dapatkan dari membaca setumpuk buku. Oleh karena itu, dengan melakukan manasik, jemaah akan banyak sekali memahami do’a-do’a yang sebelumnya mungkin belum diketahui.

-Mengetahui Kondisi Mekah dan Madinah
Manasik umroh umumnya dilaksanakan pada lingkungan yang menyerupai lingkungan sebenarnya di tanah suci nanti khususnya kakbah. Selain itu, calon jemaah juga akan mengetahui kondisi kota Mekah dan Madinah sehingga mereka bisa lebih waspada dan berjaga atas segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

-Mengenal dan Mengakrabkan Diri dengan Sesama Jemaah
Manasik dilakukan bersama dengan calon jemaah lainnya. Hal ini tentu akan memudahkan kita dalam berkenalan dan mengakrabkan diri sebagai sesama calon jemaah. Dari sini, Anda tidak akan canggung lagi untuk saling membantu saat melakukan umroh yang sebenarnya nanti.

Melihat dari beberapa manfaat adanya manasik umroh di atas, kita pun dapat menyimpulkan bahwa manasik umroh memiliki peran yang sangat penting atas kemabruran seorang jemaah. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon