Minggu, 12 Maret 2017

Cara Efektif Berkonsultasi dengan Dokter


Beberapa keluhan kesehatan baik itu keluhan berat maupun ringan bisa saja menjadi sebuah pertanda akan adanya penyakit berbahaya yang menyerang tubuh Anda. Oleh karena itu Anda sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter pilihan Anda secepat mungkin. Semakin cepat kita berkonsultasi, maka semakin mudah pula penyakit tersebut untuk ditangani. Jangan biarkan penyakit malah bertambah besar hingga bisa menular ke penyakit lain.

Setiap pasien pasti menginginkan informasi sejelas mungkin tentang kesehatannya. Semua pasien menginginkan konsultasi yang efektif. Anda pun sebenarnya bisa mendapatkan konsultasi yang efektif dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

Pilih Dokter Sesuai Keluhan
Pemilihan dokter sesuai keluhan ini dirasa sangat penting untuk Anda lakukan di langkah pertama demi mendapatkan konsultasi yang efektif. Usahakan untuk mengenali dahulu sakit yang Anda alami. Misalnya saja, jika ada tanda-tanda asma, datanglah ke dokter ahli paru-paru. Jika memang gejalanya belum jelas, Anda bisa pergi ke dokter umum terlebih dahulu. Agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi tanya dokter Halodoc. Layanan konsultasi secara online tersebut menyediakan banyak sekali dokter spesialis di seluruh Indonesia.

Siapkan Daftar Pertanyaan            
Terkesan sedikit formal, tapi menyiapkan pertanyaan memang akan sangat menentukan keefektifan kegiatan konsultasi Anda. Adanya daftar pertanyaan itu akan membantu Anda dalam menjaga jalur diskusi dan membuat Anda mendapatkan semua informasi yang Anda inginkan.

Pertimbangkan Kemudahan Akses
Selanjutnya, Anda juga perlu cerdas dalam menentukan pilihan dokter untuk berkonsultasi. Anda perlu mempertimbangkan lokasi dan jadwal praktik dokter tersebut.  Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan jadwal dan mencari cara akses untuk sampai ke lokasi dokter. Akan lebih mudah lagi jika Anda menggunakan layanan konsultasi tanyadokter Halodoc karena layanan tersebut bisa diakses oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja selama 24 jam.

Pertimbangkan Biaya Konsultasi
Biaya konsultasi dengan dokter umumnya bervariasi. Sama halnya dengan uji pemeriksan di laboraturium dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai biaya tersebut. Anda bisa bertanya dahulu kepada petugas administrasi rumah sakit yang bersangkutan. Sedangkan jika Anda adalah salah satu peserta asuransi kesehatan, pastinya Anda dapat memilih dokter yang praktik di rumah sakit rujukan dari perusahaan asuransi tersebut.

Sampaikanlah Keluhan dengan Lengkap dan Jujur
Keluhan-keluhan yang Anda rasakan akan sangat penting bagi dokter untuk menarik sebuah kesimpulan atau mendiagnosa. Saat konsultasi, dokter pun pada umumnya akan menanyakan keluhan dan riwayat penyakit Anda. Ceritakanlah semuanya dengan jujur, lengkap dan terbuka. Namun ingat, jangan berbelit-belit, ceritakan dengan jelas dan singkat saja. Jangan menyimpan apapun dari dokter agar konsultasi Anda efektif.

Pertimbangkan Waktu Konsultasi
Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan soal waktu. Sudah biasa kita temui antrian panjang di sebuah tempat dokter praktik baik umum maupun speasialis. Menunggu berlama-lama dalam keadaan sakit tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Siasati hal ini dengan datang lebih awal sesaat keika dokter membuka praktiknya. Sedangkan jika Anda menggunakan layanan konsultasi tanya dokter Halodoc, Anda sama sekali tidak perlu menunggu. Anda hanya perlu mengecek jadwal dokter secara online dari rumah dan melakukan konsultasi pun bisa dari rumah.

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan agar kegiatan konsultasi Anda dengan dokter dapat berjalan dengan efektif. Semoga Anda bisa mendapatkan konsultasi berkualitas dan efektif dengan cara yang kami sampaikan di atas. 


Emoticon Emoticon