Sabtu, 11 Februari 2017

Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu


Bagi para ibu yang sedang mengandung, mengetahui bagaimana perkembangan janin dari minggu ke minggu merupakan sesuatu yang menggembirakan. Selain itu, mengetahui perkembangan janin ini juga berfungsi sebagai edukasi bagi para ibu hamil agar mereka dapat memastikan bahwa bayinya berkembang dan sehat. Memastikan bayi kita berkembang secara normal dapat dilihat pada perkembangannya di minggu-minggu awal kehamilan. Berikut informasi mengenai perkembangan janin dari minggu 1-8 yang patut diketahui oleh para ibu.

Perkembangan janin minggu pertama
Pada minggu pertama, terjadilah mula-mula dari proses pembuahan. Pada minggu pertama ini pula janin telah memiliki bekal genetik yakni sebuah kombinasi berupa 23 jenis kromosom manusia.

Perkembangan janin minggu kedua
Pembuahan yang sebenarnya pun terjadi pada minggu kedua. Sel telur yang telah dibuahi selama 30 jam kemudian membelah. Sel-sel mulai berkembang dan terbagi dua kali sehari dan membuat jumlahnya terus bertambah.

Perkembangan janin minggu ketiga
Tak banyak ibu yang menyadari bahwa mereka sedang mengandung di minggu ketiga ini. Pada minggu ke-3 ini pula, sel telur telah membelah menjadi ratusan sel dan menempel sempurna pada dinding rahim.

Perkembangan janin minggu keempat
Proses pembuahan pada minggu-minggu sebelumnya telah mulai memproduksi hormon kehamilan yaitu chorionic gonadotropin sehingga biasanya disinilah kehamilan mulai terdeteksi.

Perkembangan janin minggu kelima
Pada minggu kelima ini terbentuklah beberapa lapisan yang akan membentuk sistem saraf, otak, tulang belakang, kulit, rambut, membentuk organ jantung, buah pinggang, tulang, organ reprodukif, hati, usus, dan pundi kencing janin.

Perkembangan janin minggu keenam
Janin atau disebut embrio telah berukuran rata-rata 2-4 mm. Tuba saraf pada tubuh bayi pun mulai menutup. Jantung bayi pun mulai berdetak di minggu ini. Sistem pernapasannya pun mulai terbentuk.

Perkembangan janin minggu ketujuh
Panjang janin telah mencapai sekitar 5-13 mm dan beratnya mencapai 0,8 gram. Pucuk lengannya pun mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil.

Perkembangan bayi minggu kedelapan
Pada minggu kedelapan, panjangnya telah mencapai 14-20 mm. Perubahan pun telah banyak terjadi pada janin Anda seperti ujung hidung, telinga dan kelopak mata yang mulai berkembang. Matanya pun mulai kelihatan.

Selanjutnya, perkembangan janin dari minggu ke minggu akan mengalami banyak perubahan dan peningkatan sampai ia benar-benar bisa dilihat seperti bayi manusia. Anda bisa melihat perkembangan janin sampai minggu ke-10 di situs Zwitsal.co.id. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon