Sabtu, 11 Februari 2017

Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Mudah dan Benar

Tags


Masak-memasak adalah kegiatan rutin yang tidak bisa dipisahkan dalam keseharian kita. Dahulu kita mengenal dan menggunakan kompor tradisional berbahan minyak tanah. Kemajuan teknologi membuat kompor seperti ini digantikan dengan kompor gas bahkan berkembang sampai dengan kompor induksi.

Kompor gas menggunakan gas LPG sebagai sumber api sedangkan kompor induksi menggunakan medan elektromagnetik sebagai sumber panas. Tipe kompor gas adalah tipe kompor yang paling merakyat. Lama-kelamaan dipakai, kompor gas tentu saja akan semakin kotor. Berikut kami hadirkan cara membersihkan kompor gas yang benar.
  • Sebelum membersihkan, siapkanlah campuran ampuh untuk membersihkan kompor gas seperti campuran air dan cuka apel atau air jeruk lemon/jeruk nipis. Jika Anda tidak ingin repot-repot membuatnya, Anda bisa langsung menggunakan air yang dicampurkan dengan Sunlight Double Power secukupnya.
  • Pisahkan atau lepaskan bagian kompor gas yang bisa dilepas seperti selang gas, kepala tungku api, corong api, tombol kompor dan pematik api.
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung membersihkan bagian yang sudah dilepas tadi dengan menggunakan cairan jeruk nipis atau Sunlight Double Power tadi. Anda juga bisa langsung merendamnya dalam cairan tersebut.
  • Khusus pada bagian tungku, lepaskanlah penutup besinya terlebih dahulu (jika ada), lalu lap dengan kain yang sudah dicelupkan ke cairan tadi sampai bersih. Jangan lupa mengelap bagian cerukan tungku. Anda akan melihat lapisan bergerigi yang kadang bisa dilepas, kadang tidak. Jika bisa dipelas, lepaskanlah dan tusuk lubang dengan jarum lalu sikat dengan sikat plastik secara perlahan agar kotorannya keluar semua.
  • Jika bahan dari kompor gas Anda adalah stainless steel, maka Anda hanya harus membersihkannya dengan menggunakan lap kering. Namun, pada bagian yang terdapat noda yang menempel, Anda dapat membersihkannya dengan lap yang dicelupkan ke dalam Sunlight Double Power sebelumnya. Bersihkan kembali dengan lap kering setelah nodanya hilang.
  • Jika Anda ingin membersihkan tabung gasnya juga, maka cukup dengan cara mencuci dengan sabun cuci biasa dan bilas dengan air sampai bersih.
Begitulah cara membersihkan kompor gas dengan mudah dan benar. Sebaiknya Anda selalu membersihkan bagian badan atau bodi kompor menggunakan lap kering setiap kali selesai memask. Jangan tungu sampai kototan mengerak dan membandel sehingga akan sedikit merepotkan Anda dalam membersihkannya. Anda juga dapat membersihkan tombol kompor dengan kain atau busa kering sehingga tidak akan ada kotoran yang menempel. 


Emoticon Emoticon