Rabu, 01 Februari 2017

Cara Kerja dan Penggunaan Google Maps


Seperti yang telah kita ketahui bahwa dunia internet akrab dengan produk-produk dan layanan dari perusahaan Google. Smartphone yang kita gunakan saat  ini pun didukung oleh segala jenis layanan dari Google. Salah satu layanan Google yang sudah akrab dengan kita adalah layanan Google Maps.

Apa itu Google Maps?
Familiar dengan layanan ini bukan berarti telah mengetahuinya dengan baik. Nah, secara sederhana, Google Maps adalah peta online gratis yang disediakan oleh Google. Pada layanan ini pula kita bisa melihat informasi geografis hampir di seluruh wilayah dunia. Hal yang sangat berguna dari layanan ini adalah tersedianya rute perjalanan. Peta yang ditampilkan di monitor Anda pun sangat interaktif. Anda bisa menggeser tampilan, mengubah tingkat zoom serta mengubah tampilan petanya.

Bagaimana Cara Kerja Google Maps?
Gambar-gambar peta yang dapat Anda lihat di Google Maps ini  merupakan hasil komunikasi dari pengguna dnegan database pada web server google. Layanan Google Maps sendiri dibuat dengan menggunakan kombinasi dari gambar peta, database serta objek interaktif. Bagian-bagian dari gambar peta itu merupakan gabungan dari gambar-gambar yang berukuran 256 x 256 pixel. Setiap 256 x 256 tile ini mewakili gambar tertentu dalam longitude, latitude, dan zoom level tertentu.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Maps?
Layanan sebagus ini akan sangat sayang jika tidak kita gunakan secara maksimal. Hal paling berguna dari Google Maps adalah sebagai petunjuk arah. Seperti yang ditulis dalam situs resmi Google, cara mendapatkan petunjuk arah dan memulai navigasi adalah sebagai berikut:
-Buka layanan Google Maps
-Klik Petunjuk Arah yang tertera langsung di layar Anda
-Ketik alamat tujuan atau nama tempat tujuan Anda.
-Pilih opsi yang ingin Anda lihat, seperti petunjuk arah untuk angkutan umum, berjalan kaki, bersepeda, dan lain sebagainya. Beberapa opsi ini akan tampil tergantung dengan wilayah tempat Anda berada.
-Tap garis abu-abu untuk mengikuti rute alternative (jika rute tersedia)
-Tap tombol navigasi untuk memulai navigasi. Terkadang Anda akan melihat pemberitahuan “Menelusuri GPS”, itu berarti bahwa ponsel Anda sedang mencoba mendapatkan sinyal GPS.
-Pilihan: Anda bisa mengaktifkan petunjuk arah suara dengan mengakses setelan, setelan navigasi dan volume suara.


Demikianlah pengertian, cara kerja dan cara penggunaan Google Maps yang bisa membuat Anda lebih mengenal layanan Google yang sangat berguna ini.


Emoticon Emoticon