Sabtu, 21 Januari 2017

Kebiasaan-kebiasaan yang Berbahaya bagi Ibu Hamil Muda | GueSehat


Kehadiran momongan adalah suatu pelengkap yang selalu dinanti-nantikan pasangan suami istri, apalagi suami istri muda yang akan mendapatkan anak pertama mereka. Hamil muda plus hamil anak pertama biasanya menjadi moment paling membahagiakan sekaligus mendebarkan.

Kehamilan muda ini pun biasanya menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi sang ibu. Mereka takut bahwa kegiatan-kegitan atau makanan yang dikonsumsinya dapat membahayakan bayi. Berikut kami informasikan beberapa kebiasaan yang berbahaya jika dilakukan saat hamil muda.

1. Mengonsumsi Ikan yang Mengandung Merkuri
Berhati-hatilah dalam memilik ikan. Ikan seperti tuna, salmon, udang, dan mackerel memang mengandung omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak anak, namun juga mengandung merkuri yang berbahaya.

2. Mengonsumsi Makanan Mentah
Makanan mentah khususnya daging mentah dan telur mentah sangat dilarang untuk ibu hamil muda. Pasalnya, jenis makanan ini dapat menggangu kehamilan, dan menyebabkan cacat lahir pada janin ataupun keguguran akibat bakteri atau kuman di dalamnya.

3. Merokok dan Minum Alkohol
Bukan rahasia lagi bahwa rokok dan alkohol ini tidak baik bagi kesehatan. Jangankan untuk ibu hamil muda, untuk orang sehat sekalipun juga sangat berbahaya. Konsumsi rokok dan alkohol pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah dan dapat menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS).

4. Memakai Sepatu Hak Tinggi
Ibu hamil tidak disarankan untuk memakai sepatu hak tinggi. Selain dapat membahayakan keseimbangan dan menyebakan kegugguran. Sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan Anda cepat lelah, sakit pada pinggang serta menyebabkan kaki bengkak.

5. Memakai Pakaian Ketat
Jika Anda termasuk penggemar pakaian ketat, maka segera hindarilah kebiasaan ini ketika Anda hamil. Pakaian ketat dapat menyebabkan janin kesulitan dalam bergerak, tidak menerina oksigen dengan sempurna, dan iritasi jika terkena keringat.

Demikianlah infromasi mengenai beberapa kebiasaan baik dari segi makanan yang dikonsumsi maupun kegiatan yang dilakukan yang dapat membahayakan kandungan ibu hamil muda. Sering-seringlah mencari tahu tentang kehamilan dengan bertanya pada dokter kandungan atau membaca blog informasi kesehatan kandungan.  



Emoticon Emoticon