Senin, 19 Desember 2016

Sejarah dan Misteri Logo Apple


Sejarah dan Misteri Logo Apple - Ada banyak opini yang menjadi misteri gigitan di logo Apple, sebelum akhirnya dijawab sang pembuat logo. Logo dengan buah appel tanpa digigit akan terlihat seperti buah jeruk, maka untuk membedakan diputuskan apel digigit adalah logo mereka. Terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidup dengan memakan apel yang mengandung sianida.

Ada juga yang mengatakan, gigitan itu berarti byte. Istilah tersebut berasal dari kapasitas memori komputer yaitu mega byte , terra byte. Filosofinya apel diumpamakan ilmu pengetahuan. Gigitannya adalah simbol kalau manusia tak bisa makan semua ilmu, tapi hanya sebagian saja

Mengenang Isaac Newton (teori gravitasi konon ditemukan setelah Newton melihat apel jatuh dari atas pohon). Terinspirasi kisah manusia pertama Adam dan Hawa. Apple merupakan buah sumber pengetahuan. Beberapa orang percaya, Steve penggemar berat the beatles, dan dia pun mencontek logo itu dari salah satu album the Beatles.

Berawal dari kebiasaan Steve yangg vegetarian dan suka makan buah apel. Saat dia memutuskan utk mendirikan perusahaan bersama sahabatnya (Wozark) simbol apellah yangg digunakan. Ada juga yang berpendapat bahwa, saat anda melihat merek apple, berarti anda sudah mencicipi kecanggihan dan elegannya produk apple.

Menurut keterangan Rob Janof yang diambil dari situs creativebits, gigitan apel itu hanyalah sebuah variasi saja! Menurutnya, ia tidak punya arti khusus yang dia lakukan hanya mendesain apel dengan kreatifitas yang dimilikinya. Anehnya, meski Rob Janof sudah menjelaskan, banyak orang belum yakin. Dan jadilah logo buah appel digigit menjadi misteri.

Desain logo Apple bertahan cukup lama sampai akhirnya Steve Jobs memutuskan mengubah logo penuh warna tersebut menjadi logo dengan warna yang solid. Hal ini sesuai dengan fashion pada waktu itu yang minimalis dan mungkin untuk mengikuti zaman millenium yang baru. Mungkin logo penuh warna (pelangi) dapat menjadi nostalgia para pengguna Mac, tetapi tentunya Steve Jobs bukanlah orang yang menginginkan rasa nostalgia pada logo Apple.

Oleh karena itulah dibuat logo monochrome yang lebih fleksibel untuk membranding produknya. Perubahan tersebut akhirnya bertahan hingga sekarang ini, dimana Apple hanya menggunakan satu warna saja unutk logonya (monokromatik, penggunaan satu warna saja). Pada tahun 1997, Jobs mengganti logo tersebut dengan warna hitam. Alasan utamanya adalah karena ongkos pembuatan logo tersebut terlalu mahal. Pada 1998, setelah 22 tahun perjalanan sejarah logo Apple, pemakaian logo warna warni tersebut akhirnya digantikan.

Pada tahun 2001, Apple mengusung logo yang bertema biru laut. Logo yang berwarna biru ini digunakan sampai tahun 2003 atau sebelum sistem operasi Mac OS X Panther dirilis secara resmi. Pada tahun 2007, Jobs pun memilih warna abu-abu silver, atau yang lebih populer dengan nama chrome. Warna chrome dianggap Jobs mewakili semangat zaman yang semakin modern yang melengkapi perjalanan sejarah logo Apple.


Emoticon Emoticon