Rabu, 14 Desember 2016

Memulai Bisnis Franchise


Bisnis Waralaba atau yang familiar disebut Franchise sedang berkembang pesat dibebagai kota. Lantas, bisnis ini hanya bermodal kecil dengan untung besar. Untuk memulai bisnis inipun tidaklah sulit, kita bisa mencari bisnis franschise yang sudah berkembang ataupun mau membikin dengan franchise sendiri yang mana nantinya diharapkan banyak penguasaha pemula yang tertarik untuk membeli franchise kita. Sistem bisnis franchise ini ada berbagai macam jenis, mulai dari sistem bayar royalty ataupun hanya sekali beli, namun untuk membeli bahan bakunya harus ke pemilik franchise tersebut.

Bagaimanakah cara untuk memulai bisnis franchise dengan baik?

Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan ketika mau terjun ke dalam jenis usaha ini, diantaranya sebagai berikut;
1. Memilih usaha franchise yang sudah terbukti kredibilitasnya, maksudanya di sini jangan hanya memandang dari segi harga modal yang ditawarkan murah, namun kita harus tau apakah franchise tersebut sudah sangat amiliar di masyarakat atau tidak.

2. Pastikan usaha franchise yang hendak kita beli termasuk kategori aman, artinya dari segi legalitasnya hingga kualitas barang, bisa saja berupa hal yang menyangkut kesehatan jika konsumen memakai produk franchise nantinya.

3. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah reputasi dari franchise tersebut, cari informasi sebanyak-banyaknya dari pengusaha yang telah menjalankan franchise tersebut, bagamana pengalaman mereka, apa saja kendala yang harus disiapkan ketika menjalankan franchise tersebut, sehingga kita akan merasa siapa untuk menjalankan bisnis franchise yang diinginkan.

4. Jika sudah matang, terkahir pilahlah tagrget lokasi yang strategis, memilih lokasi strategis tidak hanya ditempat yang ramai, namun kita harus tahu bahwa di lokasi tersebut ada  peluang yang besar dalam jumlah target konsumen kita.

Saat sudah berjalan, selanjutnya yang sangat penting diperhatikan adalah ide dan kretivitas dari kita untuk mampu bersaing dengan franchise lainnya. Hal ini harus kita tanamkan terlebih dahulu dalam pikiran kita, sebab ketika bisnis kita jalan, pasti banyak franchise-franchise lain bermunculan yang akan bersaing dengan franchise kita, tinggal bagaimana teknik kita dalam pemasaran, peningkatan kualitas barang, serta memperbaiki pelayanan yang ada, tentu semua itu tidak terlepas dari yang namanya “IDEA”.


Emoticon Emoticon