Sabtu, 17 Desember 2016

Kuliner Populer dari Lombok

Kuliner Populer Lombok
Lombok, merupakan pulau yang terkanal baik di nasional maupun mancanegara. Pantai yang indah dan terdapatnya banyak wisata menjadikan Lombok sebagai destinasi utama disaat berlibur. Selain pantai, Lombok juga menyimpan banyak wisata kuliner yang wajib anda coba jika berkunjung ke kota tempat Gunung Rinjani berada. Beberapa kuliner terbaik diantaranya adalah Plecing Kangkung, Sate Bulayak, dan Ayam Taliwang.

Plecing kangkung adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar sayuran kangkung hijau yang kemudian disiram dengan bumbu plecing. Makanan ini sudah sangat terkenal dan banyak disukai oleh semua orang terutama didaerah Nusa Tenggara Barat yang lebih tepatnya di daerah Lombok.

Makanan ini memiliki ciri khas dengan disiram bumbu plecing yang merupakam bumbu yang terbuat dari kemiri, cabe rawit, jeruk limau, bawang putih dan lain sebagainya. Sedang jenis masakan kangkung yang biasa kita temukan hanya disiram dengan bumbu sambal kacang, mungkin itulah yang dapat membedakan plecing kangkung lombong dengan kangkung biasa. Plecing kangkung biasanya dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu hingga kangkung menjadi lunak. Yang menjadi ciri khas lain pada makanan ini adalah memiliki rasa yang super pedas namun enak dan lezat ketika dimakan

Selanjutnya, Sate bulayak, adalah makanan khas Pulau Lombok yang terdiri dari sate dan bulayak. Bulayak memiliki tekstur seperti ketupat, tetapi dengan bentuk bulat memanjang. Keunikannya adalah bungkus bulayak bukan dari daun pisang atau daun kelapa melainkan dari daun aren. Kekhasan sate terletak pada bumbu yang digunakan.

Sate biasanya menggunakan bumbu kacang, tetapi sate bulayak menggunakan bumbu khusus yang dimasak dengan campuran santan kental dan kemiri. Sate bulayak dapat anda temukan di sepanjang jalan udayana kota Mataram, di Taman Hutan Suranadi Lombok Barat, di Pantai Senggigi Lombok Barat.

Adapun kuliner selanjutnya yang masuk dalam kategori kuliner terbaik lombok versi Qiibet, yaitu Ayam Taliwang.  Ayam Taliwang merupakan salah satu Pusaka Kuliner Nusantara kita yang banyak penggemarnya. Rasa pedas yang menyengat dari bumbu ayamnya memang menjadi ciri khas dari masakan ini. Sungguh beruntung saya mendapat kesempatan untuk mencicipi ayam taliwang langsung dari asalnya, tanah Lombok. Di kota Mataram kita dengan mudah dapat menemukan rumah makan yang menyediakan menu ini. Salah satunya yang cukup banyak dikunjungi adalah Taliwang Irama, yang berlokasi di Jl. Ade Irma Suryani.


Emoticon Emoticon